Proposal Praktek Kerja Lapang PT. KARYA MAKMUR BAHAGIA

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kondisi bangsa Indonesia yang sedang dalam taraf pembangunan ini membutuhkan kerja sama dari seluruh warga negara Indonesia, terutama untuk memasuki era globalisasi. Memasuki era tersebut dibutuhkan dukungan pembangunan secara terus menerus dan harus dilaksanakan dalam berbagai bidang sehingga tercapai keseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bidang yang mutlak dibangun adalah faktor sumber daya manusia untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas.

Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo dalam melaksanakan program Strata-1 (S1) yang bertujuan untuk menghasilkan insan yang mampu menangani berbagai pekerjaan terutama yang berhubungan dengan sektor industri pertanian, manajemen produksi, pemasaran maupun dalam bidang atau sektor sumber daya manusia. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang didukung pemerintah, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo mempunyai peran yang penting dan berkewajiban dalam membentuk serta mengolah sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas khususnya dalam hal ini sektor industri. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa harus mengenal dan mengetahui secara nyata keadaan yang sebenarnya tentang kondisi kerja, sehingga diharapkan tidak ada rasa ragu dan cangung yang menghinggapi Mahasiswa ketika sudah lulus (sarjana) untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu, hal tersebut juga untuk mendukung program pemerintah khususnya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengenai programnya Link-and-match antara dunia pendidikan dengan lapangan kerja yang sesungguhnya.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) ditetapkan sebagai mata kuliah wajib dalam kurikulum yang telah ditetapkan di Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana dan bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari selama perkuliahan untuk membantu memecahkan permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh industri maupun perusahaan.

Tujuan

Secara umum, penyusunan Skripsi atau Tugas Akhir  ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan Strata satu jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo Bangkalan, selain itu diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan materi perkuliahan untuk membantu memecahkan permasalahan dalam dunia kerja, sehingga secara tidak langsung akan membantu mahasiswa untuk mengerti tentang kondisi nyata dunia kerja.

Pelaksanaan penelitian untuk Praktek Kerja Lapangan pada industri maupun perusahaan ini dapat terjadi timbal balik yang menguntungkan pada kedua belah pihak. Dapat menciptakan lulusan sarjana pertanian yang siap pakai dan handal dalam bidangnya serta dapat memberikan sumbangan pikiran yang bermanfaat bagi industri maupun perusahaan yang menjadi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini.

Manfaat

1.      Manfaat bagi Industri

Dapat memperoleh informasi mengenai keadaan maupun kondisi serta permasalahan yang dihadapi industri maupun perusahaan.

2.      Manfaat bagi Mahasiswa

Mendapatkan gambaran nyata tentang kondisi industi dan perusahaan serta memiliki pengalaman langsung dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam industri maupun perusahaan.

3.      Manfaat bagi Universitas

  1. Mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang handal, berkualitas dan pengalaman dibidangnya.
  2. Membina kerjasama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan Industri.

Permasalahan

Permasalahan yang akan diamati dalam penyusunan Prektek Kerja Lapangan ini adalah mengenai study kelayakan proses pengolahan composting (limbah kelapa sawit) di PT Karya Makmur Bahagia.

II. METODE

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Industri atau perusahaan yang akan menjadi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah : PT. KARYA MAKMUR BAHAGIA, PKS Gunung Makmur Factory yang berada di Jl. Yusmin Km. 8 Desa Rantau Tampang  Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur. Parktek Kerja Lapang ini akan dilaksanakan selama tiga bulan yang dimulai pada  bulan ferbuari  2009.

Pelaksana

Pelaksana penelitian Praktek Kerja Lapangan ini adalah Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo.

2.3 Rencana Jadwal Pelaksanaan

No.

Kegiatan

Minggu

1

2

3

4

1. Menetapkan tujuan        
2. Melakukan survey tempat dan study pustaka        
3. Melakukan identifikasi masalah        
4. Seminar proposal        

III. PENUTUP

Demikian proposal skripsi ini kami buat, dengan harapan kepada Bapak/Ibu selaku pimpinan di Perusahaan dapat memberikan ijin sehingga kami dapat melaksanakan Penelitian untuk Skripsi ini di Perusahaan Bapak/Ibu pimpin dengan baik. Besar harapan kami atas kesediaan Bapak/Ibu sabagai pimpinan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Download : Contoh Laporan Praktek Kerja Lapang PT. KARYA MAKMUR BAHAGIA . doc

About these ads