Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep

I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumber daya alam, khususnya dari sektor kelautan.  Sumber daya alam ini merupakan potensi bagi negara Indonesia.  Potensi tersebut harus didukung oleh kebijakan yang memacu perkembangan sektor industri dengan berlandaskan pada pemanfaatan sumber daya yang ada.

Ikan teri nasi merupakan salah satu hasil dari sektor kelautan. Ikan teri nasi ini sangat banyak dimanfaatnya. Sebagian besar dapat di manfaatkan sebagai makanan baik pada saat segar maupun kering. Ikan teri (Stolepherus spp.) merupakan jenis ikan kecil yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti jenis ikan laut lainnya, ikan teri sebagai bahan pangan mempunyai nilai gizi yang tinggi dengan kandungan mineral, vitamin, lemak tak jenuh dan protein yang tersusun dalam asam-asam amino esensial yang dibutuhkan untuk petumbuhan dan kecerdasan manusia. Dengan begitu ikan teri nasi memiliki potensi dalam sector industri di Indonesia.

Dalam suatu industri khususnya dalam industri pangan diperlukan suatu usaha untuk menjaga kualitas pada produk pangan yang diproduksi mulai dari bahan baku sampai produk akhir, baik pada saat masih bahan baku,proses maupun produk akhir sehingga dapat dihasilkan pangan yang aman, layak, dan sehat untuk dikonsumsi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan pengendalian mutu pada industri tersebut.

Pengendalian mutu adalah suatu aktivitas pengendalian material yang bertujuan untuk mengetahui secara aktual material agar sesuai dengan kondisi yang ditetapkan pada perencanaan. Pengendalian mutu sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah dasar utama dari suatu produk dan harus memiliki kualitas yang terbaik karena pada akhirnya produk itulah yang diberikan kepada pelanggan. Oleh karena itu dengan adanya standarisasi, dapat ditentukan spesifikasi standar yang diperlukan untuk membuat sebuah olahan makanan dan standar makanan.

PT. Madura Prima Interna (MPI) merupakan perusahan yang bergerak dalam industri perikanan yaitu pengolahan bahan baku ikan teri nasi mejadi produk ikan teri nasi kering dan mengekspor hasil pengolahan ikan teri nasi kering. Produk yang dihasilkan PT. Madura Prima Interna (MPI) sudah mendapatkan pasar internasional terutama Jepang.

Pengendalian Mutu oleh PT. Madura Prima Interna (MPI) merupakan suatu usaha untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta umur simpan produk sehingga konsumen merasa puas dan aman. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui penerapan pengendalian mutu yang dilakukan PT. Madura Prima Interna.

1.2  Tujuan Kegiatan

1.2.1 Tujuan Umum

  • Menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dalam bentuk Praktek  Kerja Lapang (PKL) sehingga diharapkan mahasiswa mampu membandingkan antara teori dengan kondisi nyata di lapangan.
  • Melatih dan menumbuhkan jiwa mandiri mahasiswa di lapang sebagai perwujudan penyesuaian diri dengan kondisi kerja di lapangan.
  • Mengenal kondisi dalam dunia kerja, sehingga dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dapat terjadi timbal balik yang menguntungkan pada kedua belah pihak.
  • Memberikan bekal pengetahuan dan wawasan dalam bidang pengendalian mutu.

1.2.2 Tujuan Khusus

              Tujuan khusus dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mengetahui pengendalian mutu pengolahan ikan teri nasi yang diterapkan di PT. Madura Prima Interna (MPI)  Kapedi Sumenep.

1.3  Manfaat

1.3.1 Manfaat Bagi Mahasiswa

  • Mendapatkan gambaran nyata tentang pengendalian mutu ikan teri nasi di PT. Madura Prima Interna (MPI) Kapedi Sumenep.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
  • Memiliki kemampuan dan pengalaman praktis dalam praktek kerja lapang di PT. Madura Prima Interna (MPI) Kapedi Sumenep, Khususnya dalam bidang pengendalian mutu ikan teri nasi.

1.3.2 Manfaat Bagi Universitas

Manfaat PKL bagi universitas adalah:

  1.  Mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang handal, berkualitas dan erpengalaman di bidangnya.
  2. Membina kerjasama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan Industri pertanian.

1.3.3  Manfaat Bagi Perusahaan

              Manfaat yang didapat oleh Perusahaan dari pelaksanaan praktek kerja lapang ini adalah memperoleh perluasan jaringan kemitraan dengan mahasiswa magang.

Download :

  1. BAB I Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
  2. BAB II Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
  3. BAB III Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
  4. BAB IV Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
  5. BAB V Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
  6. Daftar Pustaka Pengendalian Mutu Ikan Teri Nasi di PT. Madura Prima Interna ( MPI ) Kapedi Sumenep
About these ads