contoh proposal lkti unijoyo

PROJECT PROPOSAL
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SE-JAWA TIMUR
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO

PENDAHULUAN

Satuan Wilayah Pembangunan (SWP) Jawa Timur semula Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan), akan tetapi dalam perkembangannya SWP Jawa Timur Melebar menjadi Germakertasusila (Gresik, Madura, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) dengan memasukkan 4 kabupaten di Madura menjadi satu kesatuan dalam SWP tersebut (semula hanya Bangkalan) kemudian diperluas lagi menjadi Se-Jawa Timur. Ada beberapa hal yang melatar belakangi perluasan SWP tersebut, sehingga dianggap perlu adanya ekspansi ke Madura secara keseluruhan. Diantaranya adalah timbul kejenuhan dan cepatnya akselerasi pembangunan perekonomian Jawa Timur yang hanya terpusat di Surabaya dan kota di sekitarnya, tempat yang mungkin dilakukan ekspansi adalah Madura.

Untuk merealisasikan SWP tersebut, Pemprov Jawa Timur melakukan percepatan terhadap pembangunan Suramadu yang direncanakan selesai pada akhir tahun 2009. Selain itu, Pemprov Jawa Timur juga berencana memindahkan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju lokasi baru. Sementara ini, bidikan lokasi pelabuhan tersebut adalah Lamongan dan Bangkalan, akan tetapi Bangkalan lebih berpeluang menjadi lokasi pelabuhan tersebut dilihat dari tata ruang Jawa Timur. Hal ini menunjukkan pentingnya SWP bagi Jawa Timur.

Salah satu rencana penprov Jawa Timur untuk mereelisasikan SWP akan segera terwujud, yaitu terselesaikannya jembatan Suramadu. Hal yang perlu diperhatikan ketika terselesaikannya jembatan Suramadu adalah kesiapan seluruh Kabupaten dalam SWP baik fisik maupun non-fisik. Kesiapan ini tercermin dalam rencana strategis pembangunan infrastruktur yang dipersiapkan untuk menyambut era industrialisasi di SWP Jawa Timur pasca terselesaikannya jembatan Suramadu meliputi: kebutuhan air, energi, jalan lalu lintas, jaringan telekomunikasi, serta calon-calon investor atau pelaku industri di area SWP. Satu hal yang lebih penting dan mulai sekarang harus segera dipersiapkan adalah mutu SDM penduduk kabupaten-kabupaten yang termasuk dalam SWP Jawa Timur dan sekitarnya.

Pasca terealisasi area SWP tenaga ahli jelas akan didatangkan untuk mengkonsep pengembangan disetiap kabupaten, diperkirakan hanya beberapa putra daerah (kabupaten) yang mampu berperan besar menjadi dalang untuk mengembangkan potensi daerahnya masing-masing. Kekhawatiran yang mencuat dipermukaan dikemudian hari adalah dominasi tenaga ahli yang terus membanjiri setiap kabupaten dan tidak ada putra daerah yang siap menggantikan atau menjadi tenaga ahli. Jika hal ini terjadi, maka pembentukan SWP Jawa Timur tidak berfungsi seperti yang dicita-citakan bersama yaitu pengembangan wilayah secara utuh (comperhensif) dan terpadu (integrated) untuk memanfaatkan SDA dan SDM demi mencapai harkat dan martabat masyarakat.

Dilihat dari SDA, rata-rata setiap kabupaten di SWP Jawa Timur memiliki potensi yang baik di pertanian, perikanan dan kelautan yang mengarah pada Agroindustri, misalnya di Madura tembakau merupakan komoditi unggulan sehingga arahnya kedepan Madura menjadi sentra dan bagian penting dari Industri Rokok.

Sumber Daya Alam yang baik seharusnya di imbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang baik pula. Filosofi tersebut menyiratkan arti bahwa SDA yang baik tidak akan manjadi baik manakala tidak didukung oleh SDM yang baik, begitupun sebaliknya. Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang baik dan potensional untuk dikembangkan. Kekayaan SDA bagi Indonesia merupakan suatu anugerah Tuhan yang patut kita syukuri dengan memanfatkan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.
Pemanfaatan SDA yang baik dan optimal tidak akan pernah tercapai dengan kualitas SDM yang rendah. Hal ini cukup berlasan karena hanya dengan SDM kita dapat mengubah dan membentuk SDA yang kita miliki menjadi wujud baru yang lebih bernilai. Karena hanya dengan campur tangan Manusia SDA tersebut dapat diubah. Dengan demikian, hal utama yang harus dimiliki oleh bangsa indonesia adalah kuliatas SDM yang baik.

Kualitas SDM dipengaruhi oleh iklim pendidikan. Faktanya kondisi pendidikan di Indonesia saat ini tidak kondusif. Hal ini terlihat adanya fluktuasi tingkat dan mutu pendidikan di Indonesia. Fluktuasi tingkat dan mutu pendidikan dibeberapa daerah patut kita pertanyakan dan patut kita cermati. Fluktuasi ini timbul sebagai akibat minat serta kemapuan SDM terkait dengan Pendidikan.
Tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi fluktuasi tersebut antara lain dengan menumbuhkan minat dan kemampuan SDM. Usaha yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap pendidikan adalah menstimulus masyarakat dengan faktor materi dan non-materi. Misalnya, dengan membebaskan biaya pendidikan dan menerapkan aturan ketat pada rekruitment. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan SDM dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan hard skill dan soft skill peserta didik, misalnya penerapan sistem dan kurikulum yang tepat dan implementasi keilmuan dan penalaran dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Usaha peningkatan mutu pendidikan secara global merupakan tanggung jawab pemerintah, akan tetapi secara substansi tanggung jawab peningkatan mutu pendidikan adalah tanggung jawab dan memerlukan partisipasi kita semua sebagai warga negara. Usaha tersebut dapat kita wujudkan dalam bentuk perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), yang akan menampung buah penalaran dengan memberikan penghargaan kepada yang terbaik dengan tujuan peningkatan Soft Skill yang dimiliki.

Gairah menulis bagi Siswa-Mahasiswa indonesia bukan tidak baik akan tetapi secara keseluruhan masih rendah. Dan bukan berarti inovasi dan kreativitas kita tertinggal jauh dari negara lain. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa penghargaan yang diberikan kepada siswa-mahasiswa indonesia, baik berupa nobel atau pemenang dalam perlombaan tingkat internasional. Faktanya budaya menulis atau gairah menulis bagi siswa-mahasiswa indonesia secara keseluruhan masih rendah sehingga kreativitas dan inovasi yang dimiliki tidak terdokumentasikan. Hal inilah yang dari sekarang patut kita benahi sehingga tidak ada lagi karya dan budaya bangsa yang termiliki oleh bangsa lain.

Memperhatikan paparan diatas kami Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo bermaksud menjadi mediator sekaligus penyelenggara kagiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA se-JAWA TIMUR yang diharapkan mampu menstimulus serta dihrapkan mampu meningkatan mutu SDM. Hal yang melatar belakangi pemilihan siswa SMA sebagai obyek perlombaan ini adalah ide, inovasi, dan kreativitas siswa SMA perlu dibina sejak dini guna mempersiapkan calon mahasiswa atau calon tenaga kerja yang kreatif dan inovatif.

PELASANAAN

Kegiatan ini bernama :
”LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SMA Se-JAWA TIMUR”

Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah :
Tema Umum:
“ Perencanaan dan Pengembangan Produk Pangan dan Non-Pangan”
Sub Tema :
• Peningkatan nilai ekonomis produk unggulan lokal.
• Teknologi ramah lingkungan.
• Desain produk inovatif.

Tujuan

Kegiatan lomba karya tulis ilmiyah tingkat SMA se-Jawa Timur ini bertujuan:

  1. Mempersiapkan SDM yang tangguh dalam mengawal terealisasinya SWP Jawa Timur.
  2. Menggali potensi daerah pada produk pertanian.
  3. Meningkatkan mutu SDM siswa SMA se-Jawa Timur.
  4. Menumbuhakan gairah menulis dikalangan siswa SMA se-Jawa Timur.
  5. Memberikan gagasan Agroteknologi yang berbasis potensi daerah yang cocok diterapkan di wilayah se-Jawa Timur.
  6. Mewujudkan pola hubungan yang baik dan harmonis antara institusi dengan instansi pemerintahan
  7. Mewujudkan pola hubungan yang baik dan harmonis antara Institusi dengan calon – calon investor atau pelaku industri di SWP Jawa Timur

Landasan Kegiatan

Landasan dari dilaksanakannya kegiatan ini, adalah :

  1. Pancasila dan UUD 1945
  2. Tri Dharma Perguruan Tinggi
  3. Program kerja Himatipa periode 2010-2011
  4. Rapat kerja Himatipa

Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari / tanggal : Rabu, 07 April 2010
Tempat : Auditorium Universitas Trunojoyo Bangkalan.

Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh SMA Se- Jawa Timur

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo (HIMATIPA).

Home :
Base :
Contact Person:

Sekretariat Bersama Fak. Pertanian Unijoyo
Jl. Raya Telang PO BOX 02 Kamal Bangkalan 69162

Pendaftaran
A. Waktu dan Tempat

Pendaftaran dilaksanakan pada :
Tanggal : 22 Februari – 22 Maret 2010
Waktu : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo.

B. Syarat Pendaftaran

Syarat-syarat pendaftaran yang harus dipenuhi oleh peserta untuk ikut serta dalam kegiatan ini, sebagai berikut:

  1. Foto copy kartu pelajar (di scan dan dikirim melalui email)
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh (down load dari…………..)
  3. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,00 (melalui rekening…………)
  4. Mengirim karya tulis rangkap 1 dan soft copy-nya dalam Word di CD.
  5. Peserta yang diundang presentasi dimohon mengirimkan file presentasi melalui email atau melalui CD yang diposkan/diserahkan langsung pada panitia.

Ketentuan lomba

TEMA
karya tulis bertemakan ” Perencanaan dan Pengembangan Produk Pangan dan Non-Pangan”
dengan sub tema:

  • Peningkatan nilai ekonomis produk unggulan lokal.
  • Teknologi ramah lingkungan.
  • Desain produk inovatif.

PESERTA

  1. Peserta perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang).
  2. Berbentuk karya tulis ilmiah, judul bebas.
  3. Karya tulis diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12,spasi 1.5, minimal 18 halaman.
  4. Karya tulis diterima panitia selambat-lambatnya 22 Maret 2010, melalui pos atau email.
  5. Peserta presentasi adalah 10 karya tulis teratas hasil seleksi dewan juri.
  6. Peserta presentasi diumumkan dan diberitahu setelah ada pernyataan resmi dari dewan juri.
  7. Karya tulis yang diketemukan merupakan plagiat otomatis ditolak.

Lomba Karya Tulis Ilmiyah ini memperebutkan:

  • Juara 1 Trophy dan uang pembinaan
  • Juara 2 Trophy dan uang pembinaan
  • Juara 3 Trophy dan uang pembinaan
  • Juara Harapan 1 dan 2, uang pembinaan
  • Sertifikat untuk tiap peserta 10 Finalis.

LKTI atau Lomba Karya Tulis Ilmiah merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATIPA) Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo. LKTI tingkat SMA dengan wilayah se- Jawa Timur tahun 2010 merupakan LKTI keempat yang diselenggarakan oleh HIMATIPA dan pertama kali diselenggarakan oleh badan kelengkapan Universitas Trunojoyo.

LKTI tahun 2009 di ikuti oleh SMA se-Germakertasusila Plus dengan memperebutkan Tropy Rektor Universitas Trunojoyo dan beasiswa dari Universitas Trunojoyo serta uang pembinaan total senilai Rp. 5.000.000,00 yang praktis hanya didukung oleh Universitas Trunojoyo.

LKTI tahun 2009 di ikuti oleh 25 SMA yang kemudian masuk pada tahap seleksi hingga terpilih 10 Finalis. Pada tahap berikutnya, yaitu tahap presentasi akan ditentukan Juara I, II, dan III berturut-turut diraih oleh SMAN I Pamekasan, SMAN I Jombang, dan SMAN III Pamekasan.

PENUTUP

Demikian Proposal ini kami buat sebagai acuan operasional dalam pelaksanaan kegiatan “ LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SMA se-JAWA TIMUR” yang bertemakan “ Perencanaan dan Pengembangan Produk Pangan dan Non-Pangan”. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan maupun hal lainnya dalam proposal ini olah karena itu dengan segala hormat kami mengharap kritik, saran, dan bantuan dalam berbagai bentuk demi kesempurnaan proposal ini dan pelaksanaan kegiatan ini. Besar harapan kami dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan ini. Karena kami yakin tanpa bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak kegitan ini tidak akan dapat terlaksana. Semoga kegitan ini memberikan manfaat bagi kami dan bagi berbagai pihak yang telah berkenan membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

3 thoughts on “contoh proposal lkti unijoyo

  1. I’m still learning from you, while I’m trying to achieve my goals. I certainly liked reading all that is posted on your website.Keep the tips coming. I liked it!

Comments are closed.