LIPID

Istilah “lipid” mengacu pada golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofob yang esensial dalam menyusun struktur dan menjalankan fungsi sel hidup. Para ahli bersepakat bahwa lemak dan senyawa organik yang mempunyai sifat fisika seperti lemak dimasukkan dalam satu kelompok—-LIPID

SIFAT-SIFAT LIPID
Karena nonpolar, lipida tidak larut dalam pelarut polar, seperti air  tetapi larut dalam pelarut nonpolar, seperti eter atau kloroform
membentuk noda translucent, sehingga kertas tulis yang tidak tembus pandang menjadi semi transparan

FUNGSI LIPID
Penyimpan energi dan transpor, Struktur membran, Kulit pelindung komponen dinding sel

PENGGOLONGAN LIPID BERDASARKAN KEMIRIPAN STRUKTUR KIMIA
Asam lemak, Lemak, Lilin, Fosfolipid, Sfingolipid, Terpen, Steroid,, Lipid kompleks, Asam Lemak
Asam lemak, bersama-sama dengan gliserol, merupakan penyusun utama minyak nabati atau lemak dan merupakan bahan baku untuk semua lipida pada makhluk hidup. Asam ini mudah dijumpai dalam minyak masak (goreng), margarin, atau lemak hewan dan menentukan nilai gizinya, Asam Lemak umumnya adalah asam monokarboksilat berantai lurus, Pada umumnya mempunyai jumlah atom karbon genap, Asam lemak merupakan asam karboksilat yang mempunyai rumus umum……

Penggolongan Asam lemak
Asam Lemak Jenuh
Asam lemak jenuh hanya memiliki ikatan tunggal di antara atom-atom karbon penyusunnya
Asam Lemak Tak Jenuh
Asam lemak tak jenuh memiliki paling sedikit satu ikatan ganda di antara atom-atom karbon penyusunnya.

 

 

 

 

 

 

 

Sifat Asam lemak

Asam lemak jenuh bersifat lebih stabil (tidak mudah bereaksi) daripada asam lemak tak jenuh. Ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh mudah bereaksi dengan oksigen (mudah teroksidasi). Keberadaan ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh menjadikannya memiliki dua bentuk: cis dan trans. Semua asam lemak nabati alami hanya memiliki bentuk cis (dilambangkan dengan “Z”, singkatan dari bahasa Jerman zusammen). Asam lemak bentuk trans (trans fatty acid, dilambangkan dengan “E”, singkatan dari bahasa Jerman entgegen) hanya diproduksi oleh sisa metabolisme hewan atau dibuat secara sintetis, Sifat Asam lemak Pada umumnya asam lemak jenuh mempunyai titik lebur yang rendah sehingga pada suhu kamar biasanya berupa zat cair. Asam lemak tak jenuh mempunyai titik lebur yang lebih rendah. Semakin panjang rantai karbonnya, semakin tinggi titik leburnya.  Asam Lemak merupakan asam lemah. Apabila dapat larut dalam air maka akan terionisasi sebagian dan melepaskan ion H+. Asam Lemak esensial Asam lemak esensial merupakan sebutan bagi asam lemak yang tidak dapat dibuat sendiri oleh atau tidak dapat mencukupi kebutuhan minimal dari suatu spesies (hewan atau manusia). Hal ini terjadi karena spesies yang bersangkutan tidak memiliki (atau memiliki tetapi kurang fungsional) enzim yang bertanggung jawab dalam melakukan sintesis asam lemak tersebut. Bagi manusia, asam lemak esensial mencakup golongan asam lemak tak jenuh (polyunsaturated fatty acids, PUFA) tipe cis, khususnya dari kelompok asam lemak Omega-3 (misalnya asam α-linolenat, EPA, dan DHA) dan asam lemak Omega-6 (misalnya asam linoleat).
Sumber-sumber penting PUFA Omega-3 dan Omega-6 mencakup ikan laut (seperti tuna, kod, sardin), kerang, biji flax, minyak kedelai, minyak raps, minyak chia, biji blewah, sayuran berdaun, dan walnut. Minyak kelapa bukan sumber PUFA. Minyak inti sawit mengandung asam linoleat meskipun tidak banyak.

LEMAK
Apa yang kalian pikirkan tentang lemak?
Apakah dia makhluk yang jahat?

 

 

 

 

 

 

LEMAK DALAM MAKANAN BAIK ATAU BURUK..???

Akibat kelebihan lemak


 

 

 

 

 

 

TAHUKAH Anda bahwa banyak orang Asia sekarang ini memakan makanan berlemak sama banyaknya dengan orang Amerika?
Peningkatan menu berlemak sekarang ini jelas menambah naiknya angka serangan jantung dan stroke yang kita lihat setiap tahun di seluruh bagian Timur dunia ini
Sisi lain dari lemak
Lemak merupakan “bahan bakar” yang memberi Anda tenaga dua kali lebih banyak daripada jenis makanan lain
Lemak yang disimpan dalam tubuh jug berfungsi sebagai bank penyimpan tenaga
Lemak adalah bahan penyekat yang melindungi Anda dari rasa dingin yang merusak
Lalu…
Apakah lemak berbahaya?

Dikutip dari republika…
Sadarkah Anda bahwa tubuh Anda terdiri dari seperdelapan sampai seperempat sendok makan kolesterol murni setiap hari, dan bahwa sejumlah itulah yang Anda perlukan? Setiap kelebihan kolesterol yang dimakan meningkatkan jumlah kolesterol secara keseluruhan. Kolesterol tinggi meningkatkan aterosklerosis, yakni satu kondisi di mana kelebihan kolesterol tersimpan pada dinding pembuluh darah. Pada saatnya nanati dia akan menyumbat aliran darah ke organ-organ tubuh yang vital.
Lanjutan…
Sebagian lemak “bersahabat” dengan jantung dan darah. Inilah yang disebut lemak tidak jenuh atau HDL (high density lipoproteins). Inilah yang menyingkirkan kolesterol dari tempat-tempat di mana ia tersimpan, dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang. “Asam olik” yang banyak terkandung dalam minyak buah zaitun, advokat, kacang tanah, dan wijen, misalnya, tampaknya menolongmeningkatkan konsentrasi HDL dalam tubuh. Melakukan gerak badan secara teratur dan menghindari alkohol serta penganan-penganan pencuci mulut yang berlemak adalah cara terpenting lainnya untuk meningkatkan kadar HDL.
Sehingga…
Konsumsi Lemak yang baik adalah pada jumlah tepat yang diperlukan bagi setiap sel tubuh!
(Ethel R. Nelson M.D.)
beda lemak dengan minyak?…

Lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid , yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar,misalnya dietil eter (C2H5OC2H5), Kloroform(CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya, lemak dan minyak dapat larut dalam pelarut yang disebutkan di atas karena lemak dan minyak mempunyai polaritas yang sama dengan pelaut tersebut.

2 thoughts on “LIPID

  1. Very interesting info !Perfect just what I was looking for! “All the really good ideas I ever had came to me while I was milking a cow.” by Grant Wood.

Comments are closed.