Dns Tercepat buat akses ke internet

DNS tercepat buat akses ke internet yang anda pakai sekarang ini apa? Dan apakah performanya memang benar-benar bagus? Sebelumnya, bagi yang kurang tahu, apakah pengertian dari DNS itu sendiri? Dns adalah kepanjangan dari Domain Name Server, yaitu server yang digunakan untuk mengetahui ip address suatu host lewat hostnamenya.

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia internet, komputer satu dengan lainnya berkomunikasi dengan mengenali ip addressnya. Sedangkan kita manusia, lebih mudah untuk mengenalinya dalam bentu kata-kata, seperti misalnya kita mengenal facebook.com. Tapi, antar komputer satu dengan yang lain mengenal facebook bisa sebagai 69.63.181.11. Kalau tidak percaya coba kopi paste angka 69.63.181.11 di browser kemudian tekan enter. Maka, secara otomatis akan mengarah ke facebook.com. Begitulah!

Pertanyaanya, apakah DNS berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet? Ya. Adakalanya DNS dari provider (ISP) yang kita pakai adalah penyebab mengapa koneksi internet kita lelet/lemot. Ini bisa akibat Server sibuk, jaringan padat atau mungkin server tidak stabil. Dan imbasnya tentu saja browsing jadi sangat lambat atau tak bisa mengakses beberapa situs. Solusinya tentu saja mengganti dengan DNS dari pihak ketiga (third party). Ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan secara gratis, diantaranya adalah open DNS, Google public DNS, dan DNS Nawala.

Berdasarkan apa yang sudah saya coba dari berbagai DNS, yang menurut saya Dns Tercepat 2011, dan stabil atau bahkan 2012 adalah DNS milik google. Yaitu :

Primary : 8.8.8.8

Secondary : 8.8.4.4

Tapi, baru-baru ini gogle punya proyek baru yaitu Google Namebench. Software ini merupakan proyek Google yang memungkinkan pengguna internet untuk mendapatkan koneksi lebih cepat dengan cara mengubah setting DNS sesuai dengan rekomendasi yang telah didapatkan, rekomendasi ini melalui test yang dijalankan.

Untuk download softwarenya, silahkan klik disini http://code.google.com/p/namebench/downloads/list

Cara memakainya adalah :

  1. Buka Program Namebench.
  2. Klik Start Benchmark.
  3. Kita tunggu prosesnya, kira-kira akan memakan waktu 15-30 menit.
  4. Setelah selesai Namebench akan memberikan server DNS terbaik bagi komputer anda.
  5. Ganti server DNS anda.
  6. Restart koneksi anda.

Selamat mencoba

Dengan menggunakan software ini, anda bisa menemukan DNS yang paling cepat dan ideal untuk dipakai. Tapi, tentu saja trik ini tidak serta merta meningkatkan koneksi anda menjadi beberapa kali lipat hehe. INi hanya untuk menemukan Dns tercepat supaya kecepatan koneksi internet anda bisa maksimal.

semoga bermanfaat ^^

Sumber: IT Lovers Inc

2 thoughts on “Dns Tercepat buat akses ke internet

  1. Pingback: Easy Ways to Increase Page Rank Alexa – Cara Mudah Meningkatkan Page Rank Alexa « Abdur Rohim's Blog Wordpress

Comments are closed.