proposal PKL analisis pengendalian kualitas melalui pendekatan proses produksi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kondisi bangsa Indonesia yang sedang dalam taraf pembangunan ini membutuhkan kerja sama dari seluruh warga negara Indonesia, terutama untuk memasuki era globalisasi. Memasuki era tersebut dibutuhkan dukungan pembangunan secara terus menerus dan harus dilaksanakan dalam berbagai bidang sehingga tercapai keseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bidang yang mutlak dibangun adalah faktor sumber daya manusia untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas.

Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo dalam melaksanakan program Strata-1 yang bertujuan untuk menghasilkan insan yang mampu menangani berbagai pekerjaan terutama yang berhubungan dengan sektor industri pertanian, manajemen produksi, pemasaran maupun dalam bidang atau sektor sumber daya manusia. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang didukung pemerintah, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo mempunyai peran yang penting dan berkewajiban dalam membentuk serta mengolah sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas khususnya dalam hal ini sektor industri. Untuk mendukung hal itu, Mahasiswa harus mengenal dan mengetahui secara nyata keadaan yang sebenarnya tentang kondisi kerja, sehingga diharapkan tidak ada rasa ragu dan cangung yang menghinggapi Mahasiswa ketika sudah lulus (sarjana) untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu, hal tersebut juga untuk mendukung program pemerintah khususnya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengenai programnya Link-and-match antara dunia pendidikan dengan lapangan kerja yang sesungguhnya.

Kurangnya interaksi antara dunia industri dan akademis serta kesenjangan yang ada antara materi perkuliahan dengan permasalahan dunia industri menyebabkan Mahasiswa kurang memiliki pengalaman sehingga seringkali tidak siap berkecimpung dalam dunia kerja. Oleh karena itu Praktek Kerja Lapangan (PKL) ditetapkan sebagai mata kuliah wajib dalam kurikulum yang telah ditetapkan di Fakultas Pertanian Univrsitas Trunojoyo, hal tersebut bertujuan agar Mahasiswa memiliki gambaran tentang kondisi nyata dalam dunia kerja.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan teknologi penunjang pertanian yang sangat pesat seperti sekarang ini dibutuhkan sarjana-sarjana pertanian yang diharapkan dapat menguasahi teknologi tersebut. Oleh karena itu Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan dapat terjadi adanya proses transformasi teknologi oleh sarjana yang baru lulus, sehingga menjadi lulusan yang siap kerja dan mempunyai wawasan yang cukup dalam bidang industri hilir, industri hulu maupun usaha tani.

Tujuan Praktek Kerja Lapangan

Secara umum, pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan Strata satu jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo Bangkalan Madura, selain itu diharapkan mampu mendorong Mahasiswa untuk dapat memahami materi perkuliahan yang akan diterapkan dalam dunia kerja, dan diharapkan juga agar Mahasiswa dapat mengikuti perkembangan sektor industri selama ini.

Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan juga agar Mahasiswa dapat mengenal kondisi dalam dunia kerja, sehingga dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini dapat terjadi timbal balik yang menguntungkan pada kedua belah pihak. Dapat menciptakan lulusan sarjana pertanian yang siap pakai dan handal dalam bidangnya serta dapat memberikan sumbangan pikiran yang bermanfaat bagi perusahaan yang menjadi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini.

Manfaat

Manfaat bagi Industri

      Dapat memperoleh informasi mengenai keadaan maupun kondisi serta permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.

Manfaat bagi Mahasiswa

      Mendapatkan gambaran nyata tentang kondisi perusahaan dan memiliki pengalaman langsung dalam aktifitas perusahaan ataupun industri.

Manfaat bagi Universitas

  • Mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang handal, berkualitas dan pengalaman di bidangnya.
  • Membina kerjasama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan Industri.

Permasalahan

Permasalahan yang hendak diamati dalam Praktek Kerja Lapangan ini adalah mengenai analisis pengendalian kualitas melalui pendekatan proses produksi serta bekal dari mata kuliah yang telah diberikan dan dikuasai Mahasiswa Pelaksana Praktek Kerja Lapangan ini agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Ruang Lingkup Praktek Kerja Lapangan

Mahasiswa pelaksana Praktek Kerja Lapangan ini telah dibekali dengan beberapa mata kuliah keahlian terutama disesuaikan dengan jurusan masing-masing, yang akan diterapkan sebagai acuan dalam pelaksanaan kerja praktek ini. Pembekalan beberapa mata kuliah keahlian dimaksudkan agar para Mahasiswa dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan dan mampu memberikan sumbangan ide dan pikiran kepada perusahaan tempat dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan ini (PKL).

BAB II

METODE

Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

Adapun perusahaan yang diajukan untuk menjadi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah :

Perusahaan Kecap “2 Ikan Mujaer” UD. SURYA SEGAR Jombang – Jatim

Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini akan dilaksanakan  liburan semester Ganjil tahun ajaran 2006/2007, tepatnya pada tanggal 29 Januari Sampai 12 Februari 2007

Pelaksana

Pelaksana Praktek Kerja Lapangan ini  adalah Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo.

Rencana Jadwal Pelaksanaan PKL

Kegiatan

Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Minggu 5

Menetapkan tujuan yang diharapkan dalam Praktek Kerja Lapangan ini          
Melakukan survey tempat dan study pustaka          
Melakukan identifikasi masalah          
Mengumpulkan data          
Pengolahan data          
Penyusunan Laporan sementara          
Asistensi laporan          

Metodologi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

Pengambilan Data

            Adapun ruang lingkup data yang akan diambil adalah tentang :

  • Sejarah Perusahaan
  • Perencanaan Sistem Produksi :
    • Bahan baku yang dipergunakan
    • Dana / modal kerja
    • Perencanaan produk (produk yang diproduksikan)
    • Perencanaan lokasi pabrik (tempat produksi)
    • Letak fasilitas produksi (mesin daan peralatan yang dipergunakan)
    • Lingkungan kerja
    • Standar Produksi yang berlaku
  • Sistem Pengendalian Produksi
    • Pengendalian Proses produksi, bahan baku, tenaga kerja
    • Pengendalian biaya produksi
    • Pengendalian kualitas (Standar kualitas & usahanya)
    • Pengendalian kualitas proses produksi
  • Sistem Informasi Produksi
    • Struktur organisasi
    • Produksi atas dasar pesanan
    • Produksi untuk persediaan (pasar)
  • Skedul Produksi

BAB III

PENUTUP

Demikian proposal Praktek Kerja Lapangan ini dibuat, dengan harapan kepada Bapak/Ibu selaku pimpinan di Perusahaan tersebut dapat memberikan ijin sehingga kami dapat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ini di Perusahaan Bapak/Ibu pimpin dengan baik. Besar harapan kami atas kesediaan Bapak/Ibu sabagai pimpinan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Download : Proposal Praktek Kerja Lapang Perusahaan Kecap “2 Ikan Mujaer” UD. SURYA SEGAR Jombang – Jatim

One thought on “proposal PKL analisis pengendalian kualitas melalui pendekatan proses produksi

Comments are closed.